Muhadloroh, Cara Jitu SMP Darul Ulum 5 Jombang Atasi Lemahnya Public Speaking




Public Speaking merupakan salah satu kunci kesuksesan di era digital, karena dengan menguasi public speaking seseorang mampu meyakinkan ide dan gagasannya kepada orang lain. SMP Darul Ulum 5 Jombang sebagai sekolah yang mengimplementasikan kurikulum 2013 berpedoman kemampuan public speaking itu penting.

Sebagai Langkah mengasah kemampuan public speaking, SMP Darul Ulum 5 Jombang mengadakan kegiatan Muhadloroh pada minggu (27/03/2022) dengan menampilkan berbagai macam ketrampilan seperti master ceremony, tilawah, pidato, ceramah, serta penampilan kesenian lainnya. Hal tersebut berkaitan public speaking yang mengkolaborasikan beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni Budaya dan Ketrampilan dan Prakarya.

 
Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan Muhadloroh yakni mendidik anak untuk aktif mengikuti kegiatan di sekolah, menunjukkan bakat dan minat anak, melatih rasa percaya diri, serta berdampak positif terhadap pembelajaran di kelas. Hal tersebut menggugah semangat Kepala SMP Darul Ulum 5 Jombang untuk berupaya meningkatkan kemampuan public speaking melalui kegiatan Muhadloroh.

Tantangan dalam melaksanakan Muhadloroh seperti mundurnya petugas pengisi acara, beberapa petugas yang tidak hadir latihan, petugas memiliki daya ingat yang rendah, kurangnya kerjasama serta komunikasi panitia. Namun tidak menjadikan acara Muhadloroh ini berhenti. Tim Pembina dan dewan guru tetap gigih melaksanakan Muhadloroh sehingga berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa peserta didik ada yang sudah inden untuk mengisi acara pada Muhadloroh edisi selanjutnya. Binti Muamalah, S.Pd.I  dan Suci/Tim IT MGMP

Komentar

Lebih baru Lebih lama