SMP Darul Ulum 1 Peterongan Terapkan Metode Talaqi dan Drill


SMP Darul Ulum 1 Peterongan mempunyai beragam program unggulan, salah satunya Program Tahfidzil Qur’an. Program ini diadakan sebagai wadah bagi anak-anak yang mempunyai bakat dan minat menghafal Al-Qur’an. Hal ini sejalan dalam mewujudkan visi membentuk generasi yang beriman dan berahlakul karimah serta membekali siswa dengan kemampuan mendalami Al-Qur’an.

Program Tahfidzil Qur’an bukan suatu program wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa, namun sebagai wadah bagi mereka yang memiliki bakat dan minat di bidang Al Qur’an. Menghafal Al Qur’an tidak bisa dipaksakan untuk seluruh siswa,” ungkap Bapak A. Sholeh, S.Ag, selaku waka bidang keagamaan.



Pada bulan lalu, tepatnya tgl 24 – 30 maret, SMP Darul Ulum 1 Peterongan mengadakan Imtihan bagi peserta didik yang sudah siap diuji hafalan juz 30. Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan tasyakuran. Pada tahun ajaran baru ini, ada 46 siswa yang mengikuti ujian juz 30 bil khifdhi. Dalam hal ini pelaksananya adalah tim Alikasi Keagamaan yaitu guru Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ulum 1 Peterongan.

Dalam menyukseskan program ini para guru mengajar dengan metode talaqi atau drill, jadi siswa bisa karena terbiasa. Baik itu dalam hafalan surat-surat pendek (juz 30) dan hadits – hadits arbain nawawi. Waka keagamaan telah membagi membagi kelas menjadi tiga kelompok sesuai tingkat kemampuan mereka yakni ada kelompok regular, remidi dan kelompok pengayaan. Kelompok pengayaan dibagi menjadi dua ada Tahfidhil Qur’an dan Tilawah. Nur Masruhah, S.Pd.I dan Suci/Tim IT MGMP

Komentar

Lebih baru Lebih lama