Empat Golongan Dirindukan Surga Oleh Abdul Manaf S.Ag, M.Pd

 

Tadabbur Ramadhan 1445 H



Empat golongan manusia yang dirindukan surga. Hal itu berdasarkan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a. yang berbunyi: “Surga merindukan 4 golongan yaitu orang yang membaca Al-Qur’an, seorang muslim yang mampu menjaga lisannya (ucapan) untuk tidak menyakiti orang lain, muslim yang memberi makan orang lapar, dan muslim yang melaksanakan puasa di bulan Ramadan.” (H.R. Abu Daud dan Tirmidzi).


Pertama adalah Membaca Alquran. Mari kita gemar membaca Alquran, karena barang siapa yang membaca Alquran secara istiqomah, akan termasuk golongan yang dirindukan oleh Surga. Kedua adalah menjaga lisan. Apabila berpuasa di bulan Ramadan ini, kita harus menjaga lisan kita dengan sebaik-baiknya, jangan sampai berkata-kata yang kotor. Sampaikan hal-hal yang baik. Gunakan alat komunikasi untuk menyampaikan kebaikan. 


Ketiga adalah orang yang memberi makan kepada orang yang kelaparan atau gemar bersedekah. Mari kita bersama-sama bersedekah dengan harapan mendapat keberkahan dari Allah. Barangsiapa yang bersedekah di bulan Ramadhan dengan ikhlas, pahala dilipat gandakan oleh Allah. Dan yang terakhir adalah berpuasa di bulan Ramadan. Orang yang senantiasa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, mereka dirindukan oleh surga. Allah SWT juga telah menyediakan pintu surga bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa. Mudah-mudahan kita semua termasuk golongan yang dirindukan surga. Amin ya Rabbal Alamin. 


Selengkapnya simak video youtube berikut:


Disampaikan oleh Ustadz Abdul Manaf, S.Ag, M.Pd (Pengawas PAI kab. Jombang)

Editor: Suci A/Tim IT


Komentar

Lebih baru Lebih lama