Makna Zakat Fitrah

 

Tadabbur Ramadhan 1445 H


Untuk membayar zakat fitrah, kita perlu memahami bahwa zakat fitrah memiliki dua aspek utama. Pertama, ada dimensi spiritual yang berkaitan dengan hubungan kita dengan Tuhan, dan kedua, ada dimensi sosial yang berkaitan dengan hubungan kita dengan sesama manusia.


Di dimensi spiritual, ada tiga hal yang penting untuk diperhatikan. Pertama, kita diminta oleh Allah untuk mengurangi keterikatan kita pada dunia materi. Kedua, kita diingatkan untuk tidak terlalu mencintai harta yang kita miliki, karena semuanya akan kita tinggalkan di akhirat. Dan ketiga, zakat fitrah juga merupakan ungkapan syukur kita kepada Allah atas nikmat yang Dia berikan, baik itu nikmat tubuh yang sehat yang memungkinkan kita untuk beribadah, maupun nikmat harta yang bisa kita salurkan kepada yang membutuhkan melalui zakat.


Sementara itu, di dimensi sosial, kita diajarkan oleh Allah untuk memberikan kebahagiaan kepada sesama kita, terutama di hari kemenangan Idul Fitri. Ini adalah cara untuk memperoleh ridha Allah dan untuk memastikan bahwa kita senantiasa memberikan kegembiraan kepada mereka yang kurang beruntung. Melalui zakat fitrah, kita dapat membantu meringankan beban mereka.


Dalam melakukan semua ini, kita perlu menghubungkan diri dengan Allah dengan memberikan yang terbaik dalam ibadah, seperti shalat dan puasa, dengan ikhlas dan penuh keyakinan. Kita juga berdoa kepada-Nya agar diberikan kekuatan untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadan di tahun-tahun berikutnya, serta agar kita dapat menjalani hidup dengan berkah.

Selengkapnya simak video berikut


Disampaikan oleh Ustadz Sutikno dari SMP Ar Ruhul Jadid


Editor: Suci A/Tim IT

Komentar

Lebih baru Lebih lama