MGMP PAI Gelar Workshop Best Practice untuk Tingkatkan Kompetensi Guru

 


Jombang, 6 Agustus 2024 – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Swasta Kabupaten Jombang sukses menyelenggarakan workshop bertajuk "Best Practice". Kegiatan yang bertempat di SMP Sains Tebuireng Jombang ini dihadiri oleh puluhan guru PAI dari berbagai sekolah swasta di Kabupaten Jombang.


Materi best practice disampaikan oleh Laily Syarifah, M.Pd.I selaku narasumber utama. Dalam sesi pembukaannya, Laily menekankan pentingnya penerapan konsep best practice dalam pembelajaran. “Best practice bukan hanya tentang inovasi, tetapi juga bagaimana kita dapat mengaplikasikan pengalaman terbaik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas,” ujarnya.


Dalam sambutannya, Ketua MGMP PAI, Juni Muslimin,S.Ag menuturkan pentingnya menciptakan kelas yang menarik bagi siswa. “Anak rame di kelas berarti menurut siswa, pembelajaran tidak ada yang menarik di kelas. Kelas yang menarik adalah kelas yang kehadiran kita sangat ditunggu dan dinantikan. Apalagi mapel PAI bukanlah materi yang biasa, namun mapel yang akan menjadi amaliyah untuk anak-anak. Jadi Bapak/Ibu Guru harus mempunyai bekal yang banyak untuk memberikan materi kepada anak-anak dengan berbagai metode,” kata Juni.


Materi workshop meliputi berbagai topik penting seperti inspirasi best practice, konsep dan sistematika penulisan best practice, hingga strategi publikasi hasil best practice. Laily Syarifah juga memperkenalkan metode STAR (Situation, Task, Action, Result) sebagai kerangka untuk menulis best practice yang efektif dan terstruktur.


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru PAI dalam menyusun dan menerapkan best practice yang inovatif dan aplikatif. “Dengan adanya workshop ini, diharapkan para guru dapat mengimplementasikan best practice dalam pembelajaran sehari-hari, sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah swasta di Jombang,” tambah Laily.


Hasil dari workshop ini tidak hanya akan digunakan secara internal, tetapi juga akan dipublikasikan dalam bentuk jurnal atau media lainnya. “Kami ingin hasil best practice ini dapat direplikasi oleh guru-guru lain, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih luas,” jelas Laily.


_______________


DOWNLOAD FOTO KEGIATAN KLIK DISINI


_______________



Reporter: SucAi/Tim IT

Editor: Tim IT

Komentar

Lebih baru Lebih lama